Selamat Datang

Selamat Datang Teman - Teman Pelajar Dimanapun Anda Berada .Trimakasih Sudah mau Berkunjung Di Blog SMA Negeri 2 Bagan Sinembah.Riau ini.Selamat Menikmati Sajian yang ada Di BlOg Ini Yang Masih Belum Sepenuhnya Sempurna.

Minggu, 06 Desember 2009

Pengertian Rokok

Pengaruh Rokok Terhadap Kepribadian

A. Pengertian
Rokok adalah racun yang dapat menyebabkan gejala yang sangat fatal bila tidak dihentikan.Kebiasaan merokok selain mempengaruhi kesehatan juga mempengaruhi kepribadian .Perokok biasanya berkepribadian yang keras dan apabila tidak merokok sekali saja maka kelakuaannya semakin menjadi-jadi.

Perlu diketahui ,asap rokok mengandung lebih dari 4000 bahan kimia berbahaya .Sekitar 60 diantaranya dikenal bersifat Karsinogenik (penyebab terjadinya kanker) ,bahan kimiayang berbahaya dalam rokok diantaranya adalah:

? ASETON ?Penghapus cat kuku
? AMONIAK ?Bahan pembersih lantai
? ARSENIK ?Racun tikus
? BUTAN ?Bahan bakar korek api
? KADMIUM ?Dipakai pada baterai mobil
? KARBON MONOKSIDA ?Gas beracun yang keluar dari knalpot
? DDT ?Obat pembasmi serangga
? HIDROGEN SIANIDA ?Gas racun untuk hukuman mati
? METANOL ?Bahan bakar roket
? NAPTHALENE ?Kapur barus
? TOLUENE ?Bahan pelarut Industri
? VINIKLORIDA ?Bahan baku plastik PCV

B. Masyarakat yang merokok dan penyebabnya
Dewasa ini ,rokok bukanlah hal yang tabu bagi semua lapisan masyarakat.Yang biasanya untuk pria ,sekarang tidak asing lagi perempuan memakainya juga.
Berikut ini kami akan mengutarakan alasan perokok dengan penyebab mereka merokok:
? Anak –anak

Anak-anak biasanya merokok disebabkan pengaruh teman sebayanya.Mungkin saja kurang ketatnya pengawasan orang tuanya.Atau juga karena kesibukan orangtua yang akan melantarkan anaknya.Hal ini jarang terjadi,tapi telah kami teliti anak-anak jalanan banyak yang merokok,sebab hidup mereka yang kurang terawat oleh orangtuanya.

? Remaja
Remaja adalah masa di mana terjadinya kelabilan jiwa karena telah memasuki fase dari anak-anak menuju fase dewasa.Hasil wawancarakami terhadap remaja yang merokok karena dipengaruhi oleh teman mereka.Karena apabila tidak merokok dikatakan tidak gaul oleh teman-temannya.

? Dewasa
Pada fase dewasa ,alasan merokok karena kebutuhan untuk menenangkan pikiran para orang dewasa.Itu disebabkan banyaknya opini masyarakatyang apabila merokok dapat mengurangi beban pikiran.

C. Sudut pandang Biologi
Sebagian besar ilmuan abad 19 perilaku menyimpang disebabkan faktor biologis,seperti tipe sel tubuh.Ilmuwan seperti Lombroso,Kretschemer,Hooton,Von Henting ,dan Sheldon.Hasil penelitian menunjukkan orangyang mempunyai tipe tubuh tertentu cenderung melakukan perbuatan menyimpang.

? Sheldon mengidentifikasi tipe tubuh menjadi 3 dasar: endomorph(bundar,halus,gemuk),dan mesomorph (berotot,atletis),dan echtomorph(tipis,kurus) mempunyai potensi masing-masing.Bagi perokok mempunyai bibiryang berwarna hitam,nafas berbau rokok,dan lain-lain.

? Cesare Lombroso (kriminolog Italia) berpendapat orang yang jahat mempunyai ciri rahang besardan tulang pipi panjang ,kelainan mata yang khas ,tangan,jari,kaki yang relatif besar,susunan gigi yang abnormal.Dari ciri di atas perokok umumnya penjahat.Orang beranggapan dengan merokok akan terlihat kuat.

D. Sudut pandang Sosiologi
Teori psikologi berbeda dengan teori biologi.Teori ini beranggapan bahwa seeorang yang mengalami penyakit mental yang berupa gangguan dengan bentuk perilaku menyimpang.

Sigmund Freud membagi diri manusia atas tiga dasar yaitu:
? Id ? Bagian diri yang bersifat tidak sadar ,naluriah dan implusif terpengaruh oleh gerak hati

? Ego ?Bagian diri yang bersifat dasar dan rasional(penjaga pintu kepribadian)

? Superego ?Bagian diri yang telah menyerap nilai-nilai kulural dan berfungsi sebagai suara hati.

E. Pencegahan Merokok
Merokok adalah kebiasaan yang buruk.Karena selain merusak kesehatan juga merusak kepribadian kita.Untuk tidak merokok lakukan pencegahan dini.Pelajari dari pengalaman berbagai orang yang mengeluh saat merokok sehingga kita bisa merasakan dampak buruk merokok.semoga bermanfaat penjelasan ini bagi teman - teman

Dari :Wawan Hidayat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar